Ekspresi Logika

 


  1. 💡 Ekspresi Logika (Logical Expressions)

    Ekspresi Logika adalah pernyataan yang hanya memiliki dua kemungkinan nilai: Benar (True) atau Salah (False). Konsep ini adalah fondasi dari semua pengambilan keputusan dalam komputer dan pemrograman, karena komputer beroperasi murni berdasarkan logika biner (0 dan 1).

    1. Nilai Logika (Boolean)

    Dalam Informatika, nilai Benar dan Salah sering disebut sebagai nilai Boolean (diambil dari nama matematikawan George Boole).

  2. Nilai LogikaRepresentasi dalam Komputer
    Benar (True)1 (atau nilai selain nol)
    Salah (False)0 (atau nol)
  3. 2. Operator Logika Dasar

    Ekspresi logika sering kali digabungkan atau diubah menggunakan Operator Logika (disebut juga Gerbang Logika). Tiga operator logika dasar yang paling umum adalah:

    A. Operator AND (Dan) $\land$

    Operator AND akan menghasilkan nilai Benar hanya jika semua ekspresi yang digabungkan bernilai Benar. Jika salah satu saja bernilai Salah, maka hasilnya pasti Salah.

  4. Ekspresi AEkspresi BHasil A AND B
    Benar (True)Benar (True)Benar (True)
    Benar (True)Salah (False)Salah (False)
    Salah (False)Benar (True)Salah (False)
    Salah (False)Salah (False)Salah (False)

  5. Ekspresi AEkspresi BHasil A OR B
    Benar (True)Benar (True)Benar (True)
    Benar (True)Salah (False)Benar (True)
    Salah (False)Benar (True)Benar (True)
    Salah (False)Salah (False)Salah (False)


C. Operator NOT (Tidak) $\neg$

Operator NOT berfungsi untuk membalik nilai logika dari sebuah ekspresi.

Ekspresi AHasil NOT A
Benar (True)Salah (False)
Salah (False)Benar (True)


3. Operator Perbandingan (Relational Operators)

Ekspresi logika sering dibuat dengan membandingkan dua nilai menggunakan Operator Perbandingan. Operator ini selalu menghasilkan nilai Boolean (Benar atau Salah).

OperatorArtiContoh Ekspresi LogikaHasil
==Sama dengan$5 == 5$Benar
!=Tidak sama dengan$10 != 7$Benar
>Lebih besar dari$6 > 8$Salah
<Lebih kecil dari$12 < 15$Benar
>=Lebih besar dari atau sama dengan$9 >= 9$Benar
<=Lebih kecil dari atau sama dengan$4 <= 3$Salah

4. Penerapan Ekspresi Logika

Ekspresi logika digunakan secara luas dalam pemrograman dan pemecahan masalah (problem solving) untuk pengambilan keputusan.

Contoh Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari (dan Logika Komputer):

Misalnya, Anda ingin mendapatkan izin untuk bermain di luar. Syaratnya adalah:

  1. Nilai tugas di atas 80. (Ekspresi A)

  2. Sudah membereskan kamar. (Ekspresi B)

  • Kasus 1: Menggunakan AND Jika izin diberikan hanya jika keduanya terpenuhi: Izin = Ekspresi A AND Ekspresi B

    • Jika A=Benar dan B=Salah, hasilnya Salah (Tidak dapat izin).

    • Jika A=Benar dan B=Benar, hasilnya Benar (Dapat izin).

  • Kasus 2: Menggunakan OR Jika izin diberikan jika salah satu terpenuhi: Izin = Ekspresi A OR Ekspresi B

    • Jika A=Benar dan B=Salah, hasilnya Benar (Dapat izin).

    • Jika A=Salah dan B=Salah, hasilnya Salah (Tidak dapat izin).

Contoh Penerapan dalam Kode (Pseudo-Code):

JIKA (NilaiTugas > 80) AND (KamarRapi == True) MAKA
    Tampilkan "Diizinkan Bermain"
SELAMA (SuhuRuangan < 25) ATAU (Lampu == Off) LAKUKAN
    Hidupkan Kipas





Komentar

Postingan populer dari blog ini

CT : COMPUTATIONAL THINKING

Computational Thinking (Materi Informatika Kelas 9)