TIK atau Informatika?

 


Perbedaan TIK dan Informatika

Kurikulum baru sudah menanti dan harus segera diterapkan oleh semua satuan pendidikan. Namanya Kurikulum Merdeka dan biasa disebut Kurmed. Menggunakan kurikulum ini berarti akan mengubah banyak hal terutama pada bagian administrasi guru. Hampir semua istilah pokok diganti. Istilah Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Tujuan Pembelajaran (TP) tidak akan dipakai lagi. Kurikulum ini digadang gadang dapat menyelesaikan beberapa masalah pendidikan di Indonesia. Meskipun jikalau dicermati lebih mendalam, sepertinya tidak ada hal pokok yang diganti terutama dalam ranah materi ajar tetapi kita harus meyakininya minimal dengan semangat baru untuk menciptakan hal baru dalam pengajaran. Wallahu a'lam.

Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semula ditenggelamkan kedalam mata peajaran lain pada Kurtilas (Kurikulum tahun 2013) kini diangkat lagi bahkan dengan cakupan lebih luas dengan nama Informatika.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek telah menerbitkan Capaian Pembelajaran Informatika pada Kurikulum MerdekaCapaian Pembelajaran Informatika ini tertuang Lampiran Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kemendikbudristek Nomor 008/H/KR/2022 tentang capaian pembelajaran pada PAUD, Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.

Berikut perbedaan keduanya ditinjau dari elemen elemenya:

Elemen TIK

  1. Teknologi Informasi : Berkaitan dengan teknologi dan peralatan untuk membuat atau mengolah Informasi.
  2. Teknologi Komunikasi : Berkaitan dengan peralatan untuk mengirimkan informasi dan teknis penyebaranya. 

Elemen Informatika 

  1. Berfikir Komputasional
  2. Sistem Komputer
  3. Analisis Data
  4. Teknoligi Informasi dan Komunikasi
  5. Algoritma dan Pemrograman
  6. Dampak Sosial Informatika
  7. Jaringan Komputer dan Internet
  8. Praktik Lintas Bidang

Pengertian Informatika

Informatika (InggrisInformatics) merupakan ilmu yang baik mempelajari terkait penggunaan komputer untuk mengatur dan menganalisis data yang berukuran besar, baik data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi. 

Disiplin ilmu ini mencakup beberapa macam bidang, termasuk di dalamnya:

·         sistem informasi

·         ilmu komputer

·         ilmu informasi

·         teknik komputer

·         aplikasi sistem informasi manajemen.

 

Secara umum informatika mempelajari struktur, sifat, dan interaksi dari beberapa sistem yang dipakai untuk mengumpulkan data, memproses dan menyimpan hasil pemrosesan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi. Aspek dari informatika lebih luas dari sekadar sistem informasi berbasis komputer saja, tetapi masih banyak informasi tidak dan belum diproses dengan komputer.

Informatika mempunyai konsep dasar, teori, dan perkembangan aplikasi tersendiri. Informatika dapat mendukung dan berkaitan dengan aspek kognitif dan sosial, termasuk tentang pengaruh serta akibat sosial dari teknologi informasi pada umumnya. Penggunaan informasi dalam beberapa macam bidang, seperti bioinformatikainformatika medis, dan informasi yang mendukung ilmu perpustakaan, merupakan beberapa contoh yang lain dari bidang informatika.

Informatika memiliki beberapa fungsi dan manfaat, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi terkait komputer dan sistem komputasi.
  • Meningkatkan keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk mengumpulkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi.
  • Meningkatkan pengetahuan tentang struktur, sifat, dan interaksi dari sistem informasi dan pengguna serta antarmuka antara keduanya.
  • Meningkatkan pemahaman tentang dampak sosial dan etis dari penggunaan teknologi informasi dalam masyarakat.
  • Meningkatkan kesempatan karir dalam bidang informatika yang memiliki prospek cerah di masa depan.

Beberapa contoh penerapan informatika dalam kehidupan sehari-hari adalah:

  • Penggunaan aplikasi smartphone untuk berkomunikasi, berbelanja, bermain game, belajar, dll.
  • Penggunaan sistem informasi geografis (GIS) untuk pemetaan, navigasi, analisis spasial, dll.
  • Penggunaan sistem kecerdasan buatan (AI) untuk mengenali wajah, suara, gambar, teks, dll.
  • Penggunaan sistem basis data untuk menyimpan dan mengelola data yang besar dan kompleks.
  • Penggunaan sistem jaringan komputer untuk menghubungkan perangkat-perangkat komputer secara lokal maupun global.
Bagaimana? Sudah siap menerapkan Informatika di kelas anda kan !? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Computational Thinking

Kamu tau apa itu Narrative tex?

Content Management System (CMS)